Seputar PUI


Visi Misi

Sejalan dengan Visi dan Rencana Strategis Poltekkes Kemenkes Surabaya Tahun 2019 -2024, maka telah ditetapkan

 

Visi PUI Poltekkes Kemenkes Surabaya yaitu :

" Menjadi Rujukan Global Tridharma Perguruan Tinggi Di Bidang Pemberdayaan Masyarakat Untuk Mewujudkan Masyarakat Yang Sehat, Produktif Dan Mandiri "

Misi PUI Poltekkes Kemenkes Surabaya, yaitu :

  1. Mengembangkan program Unggulan Tridharma Perguruan Tinggi sebagai rujukan dalam pemberdayaan masyarakat di tingkat global.
  2. Menciptakan inovasi dan kreatifitas pada PUI Pemberdayaan Masyarakat melalui pengembangan program, monitoring dan evaluasi secara berkelanjutan.
  3. Membangun jejaring kemitraan dengan Stakeholder ; pemerintah, swasta, dunia usaha dan industry serta masyarakat di tingkat local, nasional, regional maupun internasional, demi mewujudkan masyarakat sehat, produktif, dan mandiri.

Tujuan

Tujuan PUI Poltekkes Kemenkes Surabaya adalah mengembangkan sebuah pusat unggulan iptek rujukan dengan fokus pemberdayaan masyarakat, dengan cara :

  • menghasilkan produk penelitian yang inovatif, sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan
  • mendapatkan HAKI terhadap produk-produk inovasi pemberdayaan masyarakat yang dihasilkan
  • Mempublikasikan hasil penelitian kepada masyarakat, mitra kerja rumah sakit pemerintah maupun swasta, dinas kesehatan, Puskesmas, industri.
  • Mengimplementasikan hasil penelitian yang dihasilkan dalam pemberdayaan masyarakat
  • Meningkatkan inovasi dan kreatifitas dalam mengembangkan PUI Pemberdayaan masyarakat melalui monitoring dan evaluasi secara berkelanjutan
  • Membangun kerjasama dengan berbagai institusi terkait baik swasta maupun pemerintah di tingkat Nasional maupun Internasional
  • Memandirikan masyarakat untuk berperilaku sehat
  • Membentuk pusat kajian Pemberdayaan Masyarakat (menjadi pusat informasi dan edukasi tentang kesehatan)
  • Komersialisasi produk-produk unggulan PUI

Latar Belakang

PUSAT UNGGULAN IPTEK (PUI) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT POLTEKKES KEMENKES SURABAYA

Poltekkes Surabaya merupakan salah Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Pusat Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (PPSDMK). Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 38 tahun 2018, Poltekkes Surabaya merupakan salah satu Poltekkes yang Kelas I dan Klaster Peringkat 4 besar, yang mempunyai prestasi dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pusat Unggulan Iptek (PUI) Poltekkes kemenkes Surabaya merupakan “Pusat Pemberdayaan Masyarakat”. Berbagai kegiatan dengan fokus pemberdayaan masyarakat telah dilakukan oleh Poltekkes Kemenkes Surabaya, baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan instansi pemerintah. Dosen-dosen Poltekkes Kemenkes Surabaya berperan secara aktif dalam menggagas kegiatan tersebut dengan menghasilkan beberapa ide atau proposal kegiatan tentang pemberdayaan masyarakat yang ditindak lanjuti dengan kegiatan implementasi dari proposal tersebut, serta produk yang berupa modul tentang pemberdayaan masyarakat. Fokus ini merupakan keunggulan atau kelebihan dari Poltekkes Kemenkes Surabaya, karena beberapa produk yang telah dihasilkan dapat meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya, selain itu juga digunakan sebagai model yang telah digunakan sebagai laboratorium praktik oleh mahasiswa dari universitas lain.


Struktur Organisasi


Roadmap

Roadmap Pengembangan



Roadmap Penelitian PUI



Roadmap Penelitian PUI-PK Bidang Garap Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)



Roadmap Penelitian PUI-PK Bidang Garap Penyakit Tidak Menular